5 Tempat Wisata di Papua yang Indah

Papua merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki beberapa tempat wisata yang indah. Banyak wisatawan yang berdatangan dari mancanegara maupun masyarakat Indonesia. Saat ini tempat wisata yang populer adalah Raja Ampat yang lokasinya di bagian timur Indonesia yaitu Papua Barat.

Selain Raja Ampat, masih banyak destinasi wisata lainnya yang menakjubkan bagi wisatawan. Penasaran? berikut ulasannya.

Danau Sentani

Anda tentu sudah tahu Danau Toba di Sumatera. Nah, jika di Papua ada danau yang namanya Danau Sentani. Jarak dari Pusat kota Jayapura adalah sekitar 50an km menuju Danau Sentani ini.

Yang menakjubkan lagi adalah Danau Sentani merupakan danau terbesar dan terluas di Papua yang luasnya sekitar 9000an hektar. Pulau-pulau kecil mengelilingi Danau Sentani. Dan disekitarnya terdapat beberapa desa kecil.

Keindahan yang luar biasa disajikan di sini ditambah dengan pegunungan yang merupakan cagar alam. Anda dapat merasakan suasana yang berbeda, segar dan terpesona. Terdapat beragam spesies ikan air tawar yang ada di Danau Sentani. Ini semua merupakan keindahan alam luar biasa yang diberikan Tuhan kepada Indonesia.

Anda semakin terpuaskan dengan adanya budaya Papua yang tetap dilestarikan di daerah ini yang setiap tahunnya dilangsungkan festival, tarian, kegiatan dan atraksi dari suku-suku lokal lainnya.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Lokasi Taman Nasional Teluk Cendrawasih ada sebagian di Kabupaten Wondama dan sebagian lain di Kabupaten Nabire. Taman Nasional ini lebih banyak perairannya atau sekitar 10 persen daratannya yang mencapai sekitar 1,4juta hektar.

Terumbu karang masih terjaga dengan baik, spesies yang beraneka ragam baik darat maupun laut. Wisatawan dapat mengunjungi beberapa pulau kecil yang tersebar disekitar Taman Nasional.  Dan juga alam bawah lautnya yang sangat indah. Sayang sekali jika dilewatkan oleh wisatawan.

Pantai Bosnik

Bagi anda yang menyukai fotografi cobalah kunjung Pantai Bosnik. Anda disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. Banyak sekali titik jepret yang dapat diambil. Lokasi Pantai Bosnik sekitar 16 km dari Kota Biak Timur.

Pasirnya putih sehingga membuat mata selalu terpesona melihatnya. Ditambah dengan air yang sangat jernih sehingga terlihat terumbu karang yang menawan. Banyak pula pohon kelapa yang berjajar di pinggir pantai yang menjadi ciri khas dari setiap pantai.

Manfaatkanlah rekreasi ke Pantai Bosnik bersama keluarga atau teman-teman anda. Nikmati pemandangan pantai dan alam untuk melepaskan kelelahan setelah anda beraktifitas sehari-hari. Anda dapat berolahraga seperti bermain sepak bola, bola voli, jogging atau setelah beristirahat sambil minum es kelapa.

Pulau Rumberpon

Tidak kalah dengan Raja Ampat yang indah, saingan lainnya ada di Pulau Rumberpon meskipun terlihat lebih kecil. Hanya perjalanan dari Manokwari kurang lebih 4 jam sehingga dapat membuat anda lelah. Perjalanan menggunakan transportasi laut yaitu speeboat tapi   untuk menghilangkan rasa jenuh tentunya anda dapat menikmati perjalanan dengan melihat sekelilingnya. Dan jangan lupa minum obat anti mabuk terlebih dahulu jika anda belum terbiasa naik speedboat.

Setelah anda tiba di tujuan rasa lelah anda terbayarkan dengan keindahan pantai yang dikelilingi pasir putih yang menawan. Inilah yang namanya Pantai Panjang. Sangat alami padang ilalang yang terhampar di dekat Pantai Panjang ini. Meskipun perjalanan yang jauh anda tidak akan kecewa.

Banyak jenis aktivitas yang ada di Pulau Rumberpon ini seperti menyelam bagi yang sudah terbiasa untuk yang belum pernah perlu belajar terlebih dahulu, selain itu ada juga kegiatan berselancar, ski air, dan kegiatan lainnya. Sambil melakukan aktivitas nikmati sensasi air laut disertai terumbu karang yang tersebar luas.

Di area pulau ada banyak homestay yang bisa didatangi. Jika bosan dengan bermain air, wisatawan bisa melihat-lihat satwa yang bebas berkeliaran seperi burung rusa, elang laut, dan masing banyak lagi.

Wisata lainnya di daerah ini selain bermain air adalah berbagai jenis satwa yang dapat anda lihat yang berbeda dengan yang ada di kebun binatang atau di kota.

Air Terjun Wafsarak

Air Terjun Wafsarak berada di sekitar kota Biak Papua dengan lamanya perjalanan kurang lebih 2,5 jam. Warga setempat benar-benar memelihara lingkungan sekitar yang patut dicontoh oleh kita semua. Air yang sangat jernih berwarna birus ditambah dengan kesejukan udara yang bebas dari polusi kendaraan ditambah suara air yang terjatuh dari ketinggian 10 meter dan tempat yang sepi menjadikan otak anda lebih fresh.

Wisatawan bebas melakukan berbagai hal. Mulai dari piknik sampai berenang. Semuanya bebas asalkan tidak merusak kealamian air terjun. Dengan membayar 35 ribu, wisatawan dapat menikmatinya air terjun pribadi ini seharian.

Hal yang perlu diperhatikan adalah anda harus menjaga lingkungan seperti halnya warga yang memeliharanya dengan baik. Biaya nya murah yaitu sekitar Rp.35.000 ribu tentunya terjangkau dengan isi dompet kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *